Dihadiri Anies, Ormas Islam Se Sumbar Sepakati Komitmen Pembinaan Generasi Muda

admin.masjidraya 06 Agustus 2023 08:45:45 WIB 273 kali dibaca

 

Sejumlah ormas Islam se Sumatera Barat (Sumbar) menandatangani Komitmen Bersama dalam rangka Mewujudkan Generasi Muda Sumbar yang Beragama dan Beradat, di Mesjid Raya Sumbar, Minggu (6/8/2023).

Diantaranya Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) yang dihadiri langsung oleh Ketua IPHI Sumbar, sekaligus Gubernur Sumbar, Mahyeldi, Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Sumbar, Muslimat NU Sumbar, Aisyiyah Sumbar, Salimah dan MTI.

Mahyeldi dalam sambutan singkatnya usai penandatanganan kesepakatan bersama menyampaikan, kesepakatan ini dilakukan mengingat pengaruh negatif yang mengancam generasi muda semakin hari semakin mengkhawatirkan.

Turut hadir dalam kegiatan yang dirangkai dalam iven besar tabligh akbar tersebut mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

Kepada sedikitnya 50 ribu peserta tabligh akbar yang memadati Mesjid Raya, Anies berpesan bahwa pondasi utama untuk mencetak generasi adalah sosok ibu dalam rumah tangga.

Oleh sebab itu Anies mengapresiasi kesinambungan kegiatan BKMT yang menurutnya menjadi pilar utama dalam menjaga ibu-ibu Indonesia untuk punya bekal menjaga iman dalam keluarganya.

"Majelis ini harus dijaga kesinambungannya, makin maju, berkembang, luas jangkauannya dan menjadi rumah bagi semua ibu-ibu," ujar Anies.

"Apalagi tantangan generasi kedepan sangat besar. Orangtua pendidik terpenting dan yang pertama. Tapi paling tidak tersiapkan, sebab tidak ada sekolahnya. Khususnya ibu, punya peran sangat besar, fundamental, tapi lupa menyiapkan tempat belajarnya. BKMT inilah tempatnya," lanjut Anies.

Anies yang juga mantan menteri pendidikan ini berharap, BKMT menjadi pusat pendidikan parenting terbaru dengan menghadirkan ustadzah-ustadzah maupun ahli parenting saat ini. Sebab menurutnya cara mendidik anak akan menentukan keberhasilan anak.

Sebelumnya, Ketua Panitia Tabligh Akbar dan Komitmen Bersama untuk mewujudkan dalam rangka menyamakan pandangan kita di Sumatera Barat, Prof. H. Salmadanis menyampaikan bahwa kegiatan ini dihadiri oleh BKMT kabupaten dan kota se Sumbar, bahkan turut hadir perwakilan dari BKMT Rolan Hulu, Riau.

Melalui kegiatan ini, Salmadanis berharap akan terjalin kesepakatan menjaga generasi muda ke depan. Menciptakan kebersamaan, menjadikan Sumbar sebagai provinsi yang damai, nyaman, aman tentram sejuk dan Harmoni.(doa/Diskominfotik Sumbar)